Tiga Program Sosial Ayo Bikin Nyata


Mendorong Perubahan untuk Lingkungan Sosial

Jangan menunda untuk membuat perubahan bagi lingkungan sekitar. Kamu bisa menciptakan inovasi di tengah pandemi bersama Telkom melalui program Ayo Bikin Nyata melalui tiga kategori yang sudah ditentukan. Kategori itu dilandasi dengan Visi Kementerian BUMN yakni mengedukasi dan melatih tenaga kerja, mengembangkan SDM berkualitas untuk Indonesia, serta profesionalisasi tata kelola dan sistem seleksi SDM.

Program pertama yaitu Bantuan Sosial Berkelanjutan (BSB). Karyawan Telkom Group dapat melakukan perbaikan di berbagai bidang kehidupan sosial baik infrastruktur, sarana prasarana, kesehatan, pelestarian lingkungan, hingga pendidikan. Dalam menyusun program ini kamu harus memerhatikan tingkat kedaruratan kegiatan sosial tersebut, perhatikan tolak ukur pencapaian dampak sosial proyek, baik dalam aspek kualitatif mau kuantitatif untuk mencapai target yang lebih besar. Terapkan solusi yang mudah dipecahkan agar kegiatan sosial tepat sasaran dan merangsang pihak lain untuk melakukan inovasi lain. Relevansi program yang kamu buat harus kuat terhadap wilayah yang akan menerima bantuan.

Program kedua, Buat Solusi Digital atau BSD. Program yang dilatarbelakangi permasalahan lingkungan sosial dari berbagai faktor ini mendorong peserta agar dapat menciptakan solusi digital atau tools innovation di tengah pandemi. Perkembangan informasi digital tentu tidak dapat dihindari, apalagi di era pandemi ini yang hampir segala sesuatunya berbasis online. Tentu, hal tersebut menimbulkan permasalahan baru karena masyarakat harus beradaptasi dengan teknologi digital. Hal tersebut lah menjadi tolak ukur pencapaian dampak sosial di program kedua ini. Karyawan Telkom harus membuat program yang mengacu pada potensi untuk memberikan solusi digital bagin masyarakat terdampat. Misalnya dengan mengembangkan aplikasi edukasi self-isolation untuk pasien Covid-19 non rawat inap.

Program ketiga yakni Bantuan Ekonomi Masyarakat atau BEM bagi pelaku usaha. Program terakhir ini, memberikan kesempatan bagi karyawan Telkom Group dalam berkontribusi untuk menumbuhkan pereknomian nasional melalui inovasi bagi UKM dengan pendekatan 4G: Go ModernGo Digital Go Online Go Global. Kamu harus memahami dampak pandemic bagi UKM dan memberikan solusi untuk mereka sehingga dapat meningkatkan ekonomi UKM tersebut.  Berikan inisiatif atau program konkret untuk menjadi solusi dalam permasalahan yang dialami pelaku usaha akibat pandemic Covid-19.

Jangan lupa daftarkan diri kamu paling lambat 8 November 2020 ini ya! Proposal kamu akan dievaluasi untuk menjadi TOP 10 sesuai dengan masing-masing kategori. Nah, 10 kategori besar itu pun akan diverifikasi secara online untuk menjadi TOP 6 finalis. TOP 6 finalis harus mempresentasikan social project mereka untuk menentukan tiga pemenang terbaik dari masing-masing kategori yang akan dipilih melalui voting di website. Program kamu pun siap untuk diimplementasikan dengan dukungan pendanaan CDC! #AYOBIKINNYATA