#AYOBIKINNYATA MENYOKONG GENERASI PENERUS BANGSA BERAKHLAK MULIA


Sepuluh tahu lalu, sebuah pesantren sederhana telah berdiri di Kampung Andir, Desa Gudang Kahuripan, Lembang, Bandung Barat. Di tengah banyak keterbatasan, sekitar 50 santri giat menimba ilmu agama bersama sang Abah, yaitu Deden Taufiq. Pesantren Safiinatul Hidayah hanya dilindungi oleh atap tanpa plafon, disokong oleh dinding yang rapuh, serta fasilitas yang cukup jauh dari kata layak.


Sebagai seorang pimpinan pesantren, Deden Taufiq berusaha keras untuk terus mengajarkan ilmu-ilmu agama pada tiap santrinya. Keringatnya tak pernah berhenti mengalir, sulitnya mengajar dalam sarana yang minim tak pernah menyurutkan semangatnya untuk mencetak generasi penerus bangsa.

Bertahun-tahun, para santri pesantren Safiinatul Hidayah belajar dalam keterbatasan. Bahkan hanya untuk sekadar merebahkan tubuh, kenyamanannya harus bergantung pada cuaca. Apabila terjadi hujan pada malam hari, tidur mereka akan tertunda karena atapnya tak mampu menahan air hujan.

Fenomena ini tentu tak luput dari perhatian PT Telkom Indonesia. Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang punya concern pada perkembangan pendidikan anak-anak di Indonesia, PT Telkom turun tangan secara langsung.


Melalui gerakan #Ayobikinnyata, PT Telkom melakukan bedah pesantren untuk memperbaiki sarana dan prasarana Pesantren Safiinatul Hidayah. Hal ini dilakukan untuk menciptakan generasi yang pintar, bermartabat, dan berakhlak mulia.

#Ayobikinnyata merupakan program berbasis partisipasi masyarakat yang diinisiasi oleh Telkom CDC untuk membuat perubahan nyata yang berkelanjutan di lingkungan sosial. Gerakan ini telah berjalan sejak 2014 lalu dan diresmikan dengan nama #Ayobikinnyata pada 17 Agustus 2019.


Paska mengalami renovasi, seluruh santri di pesantren Safiinatul Hidayah sudah bisa belajar dengan kondusif. Beberapa santri juga mengaku semakin semangat dalam menuntut ilmu serta ingin terus berprestasi.

Tujuan mulia Abah Deden Taufiq kini semakin mudah untuk dicapai. Seluruh anak-anak kaum dhuafa, yatim, serta yatim piatu sudah dapat menuntut ilmu secara gratis dalam lingkungan yang layak.


PT Telkom kini sudah semakin berdiri tegak, salah satu langkah visioner telah berhasil dilakukan dengan sempurna. Program bedah pesantren akan terus berjalan sebagai langkah memajukan pendidikan di Indonesia.

Bagi siapa pun yang memiliki concern untuk membangun lingkungan sekitar, Telkom CDC siap untuk mencari solusinya bersama-sama. Selain itu, Telkom CDC juga akan terus bergerak maju untuk membuat nyata tiap solusi yang telah ditemukan. #Ayobikinnyata dan saatnya bertindak untuk perubahan!