#AYOBIKINNYATA MENJAHIT ASA MASYARAKAT BANJARWANGI MELALUI JEMBATAN GANTUNG


#Ayobikinnyata merupakan program berbasis partisipasi masyarakat yang diinisiasi oleh Telkom CDC untuk membuat perubahan nyata yang berkelanjutan di lingkungan sosial. Gerakan ini telah berjalan sejak 2014 lalu dan diresmikan dengan nama #Ayobikinnyata pada 17 Agustus 2019.


Fasilitas belajar dan ibadah adalah dua hal penting yang tidak boleh dikesampingkan, bahkan ini kerap jadi concern utama di beberapa daerah Indonesia. Salah satu daerah di Indoensia yang masih memiliki tempat ibadah dan belajar minim adalah Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.


Secara mengejutkan, ternyata di sana tempat yang mampu menaung masyarakatnya untuk ibadah dan mengecap pendidikan masih sangatlah minim. Padahal, dua hal itu adalah elemen penting yang tidak boleh berhenti kegiatannya.


Sebetulnya daerah bantargebang adalah salah-satu tempat yang paling butuh perhatian. Bagaimana tidak, orang-orang di sana tinggal dan tumbuh di area dekat pembuangan sampah. Tentu bukanlah hal mudah untuk dilalui.

Banyak hal negatif ketika kita coba menuliskan ‘Warga Bantar Gebang’ di Google. Beberapa hal yang pasti muncul adalah pendidikan, ekonomi, sampai penyakit. Kalau dibayangkan, keadaannya memang benar-benar separah itu.


PT Telkom Indonesia mengirimkan timnya untuk berangkat menuju Bantar Gebang dan mulai memberikan perubahan. Sedikit demi sedikit, PT Telkom Indonesia mulai mendirikan tempat ibadah yang layak, sekolah, donasi buku, hingga pemenuhan sembilan bahan pokok. Sedikit demi sedikit senyum mulai terbuka kembali.

Sebagian warga Bantar Gebang sudah bisa beribadan dengan layak dan nyaman. Fasilitas ibadah pun telah disiapkan secara lengkap. Tempat belajar juga telah didirikan, walau tidak sebesar sekolah pada umumnya.

Anak-anak yang tinggal di daerah Bantar Gebang kini sudah bisa mengecap ilmu yang mungkin sebelumnya belum pernah didapatkan. Bagaimanapun kondisinya, pendidikan tetaplah nomor satu. Tidak ada toleransi untuk pendidikan anak-anak.


Selain ingin membuat anak-anak di daerah Bantar Gebang bisa mengecap pendidikan dengan layak, PT Telkom Indonesia juga ingin menciptakan generasi muda yang kuat dan siap memajukan Indonesia.

Hal lain yang kini telah terjadi adalah di mana beberapa warga Bantar Gebang sudah tak lagi kekurangan sembilan bahan pokok (sembako) untuk kehidupan sehari-hari. Siklus kehidupan tidak boleh berhenti hanya karena tidak ada makanan yang layak untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, pemenuhan sembilan bahan pokok juga jadi concern utama PT Telkom Indonesia.


Ke depannya, Bantar Gebang tidak boleh lagi terbelakang. Semua warga di sana harus bisa hidup layak dan mengecap hal-hal yang orang lain rasakan di luar sana.


Bagi siapa pun yang memiliki concern untuk membangun lingkungan sekitar, Telkom CDC siap untuk mencari solusinya bersama-sama. Selain itu, Telkom CDC juga akan terus bergerak maju untuk membuat nyata tiap solusi yang telah ditemukan. #Ayobikinnyata dan saatnya bertindak untuk perubahan!