#AYOBIKINNYATA 2019 LAHIRKAN LIMA PROGRAM UNTUK BERI PERUBAHAN DI INDONESIA


Serangkaian kegiatan telah dilalui selama pelaksanaan program #AyoBikinNyata 2019. Setelah sebelumnya 10 tim dengan proyek sosial terbaik melalui tahap strategic contest – yang di dalamnya terdapat proses penjurian, Telkom Indonesia akhirnya menyelenggarakan #AyoBikinNyata Awarding 2019 yang dilaksanakan pada 05 Desember 2019 di lantai 31 Telkom Landmark Tower, Jakarta.


Di #AyoBikinNyata Awarding 2019, 10 perwakilan dari 10 proyek social tidak hanya menantikan pengumuman 5 proyek social yang akan #dibikinnyata oleh Telkom Indonesia tetapi juga mendapatkan suntikan semangat, motivasi dan inspirasi baru dari Djoko Nugroho, motivator angklung. Melalui angklung, Djoko menyampaikan pesan untuk selalu berusaha menciptakan perubahan baik di lingkungan pekerjaan maupun lingkungan sosial dimulai dari perubahan kecil.


Dalam acara #AyoBikinNyata Awarding 2019, Direktur CHCO Telkom Indonesia, Edi Witjara melalui rekaman video menyampaikan ucapan selamat pada lima proposal terpilih dalam program #AyoBikinNyata 2019. Beliau berharap seluruh inisiator program terpilih dapat amanah dan menujukkan pada masyarakat bahwa program #AyoBikinNyata dapat memberikan dampak luar biasa untuk lingkungan.

Apresiasi besar juga tetap diberikan oleh Edi Witjara pada lima programnya belum dapat #dibikinnyata oleh Telkom Indonesia. Beliau mengatakan bahwa para inisiator program diharapkan dapat terus menjadi agen perubahan dan proposalnya dapat direalisasikan di #AyoBikinNyata tahun mendatang.

Acara ini turut dihadiri oleh Sindhu Aryanto (Senior General Manager CDC Telkom Indonesia), Herry Susanto (Senior Manager Bina Lingkungan Telkom Indonesia), Kokoh Kabul Amin (Senior Manager HCBP Telkom Indonesia), Yudhi Ariyadi (AVP Culture Development Telkom Indonesia), Dodi Haryanto (Manager Distribusi Bina Lingkungan Telkom Indonesia) dan tentunya karyawan milenial Telkom Indonesia.

Dalam acara #AyoBikinNyata Awarding 2019 telah terpilih 5 Social Project #AyoBikinNyata yang akan #dibikinnyata oleh Telkom Indonesia, yaitu:


1. CEGAT 'Cegah dan Atasi' Stunting - Balikpapan

2. #DaurBikinMakmur - Magelang

3. Job for People with Disability (JOFITA) - Jakarta

4. Pengelolaan Limbah Kotoran Sapi di Desa Cipulus - Bandung

5. #SumbangSuara untuk Tuna Netra Indonesia - Balikpapan


Senior General Manager Telkom CDC, Sindhu Aryanto, berharap fasilitas yang diberikan Telkom Indonesia dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh lima program terpilih. Beliau juga mengatakan bahwa lima program lainnya akan di-archive oleh pihak Telkom Indonesia. Hal ini dikarenakan program-program tersebut akan dievaluasi ulang dan diharapkan dapat direalisasikan di luar #AyoBikinNyata 2019.

Salah satu pemenang dalam pergelaran #AyoBikinNyata 2019, Hafidz Muslim, merasa bahwa menjadi salah satu program terpilih ini adalah sebuah amanah besar. Melalui program #SumbangSuara untuk Tuna Netra Indonesia, Hafidz berharap dapat menggerakan seluruh masyarakat untuk berbagi dan membantu penyandang tuna netra di Indonesia.


Sejak diumumkannya program #AyoBikinNyata, setidaknya terkumpul 128 proposal proyek social yang mayoritas diinisiasi oleh karyawan milenial Telkom Indonesia. Besarnya antusias dan partisipasi karyawan Telkom Indonesia merupakan bukti bahwa jiwa dan semangat karyawan Telkom Indonesia untuk menjadi agent of change sangat besar sekali. Diharapkan setelah terselenggaranya #AyoBikinNyata 2019, semangat bertindak untuk perubahan tidak hanya ada dalam jiwa karyawan Telkom Indonesia  tapi juga di jiwa masyarakat Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam #AyoBikinNyata 2020 mendatang.